Libur telah tiba, libur telah tiba, hore hore hore…………………
Kok jadi lirik lagu ya, kenapa dengan hari libur penulis? Mau
kemana sih, kok bisa hepi gitu? Haha jawabannya adalah kalua libur tiba, itu
waktunya penulis menyalurkan hobby lain selai menulis. Yaitu hobby ngebengkel
dan merawat sendiri kendaraan-kendaraan penulis. Gaya banget, emang showroom ya
pake kata benda lebih dari satu? Bukan begitu brad, cuman dua aja sih kendaraan
operasional di keluarga kecil penulis. Satu si miong dari pabrikan garputala,
dan si varla (vario lama) pabrikan sayap sebelah mengepak untuk wara wiri ibu
negara ke pasar. Untuk si miong udah pasti terawatt abiss karena memang itu
kendaraan buat PP penulis ke tempat kerja. Nah si varla nih sekarang yang mau
jadi sasaran penyaluran hasrat oprek penulis. Si varla nih keluaran 2013 tapi
sampai saat ini tahun 2016, odometer baru menunjukkan angka 17.000an km saja
karena maennya si varla ga jauh-jauh, Cuma kepasar atau antar si little boy aja
kesekolah yang jaraknya cuman 4km an. Ok langsung saja ya kali ini penulis akan
DIY untuk mengecek/menservis cvt si varla:
Pertama, siapkan peralatan/tools nya
gb.1
Terdiri dari kunci T 8, kunci socket 22 19 dan ratchet, treker
cvt, tang lancip, obeng minus, palu, kunci mur cvt 39 41, dan baut pengganjal
untuk buka puli primer secara manual karena tidak punya treker puli primer.
Kedua, mulailah beraksi dengan peralatan itu
Lepas baut tutup cvt, lanjut dengan mempreteli bagian dalam
cvt nya ya. Soal tahap tahapnya silahkan googling sudah ada yang pernah menulis
tapi dengan skutik garputala. Pada prinsipnya sama saja untuk semua merek
skutik.
gb.2 nih dia jeroan cvt si varla setelah dipretelin
gb.3 bagian primary sheave/puli depan
nah disitu ada gigi one way starter dan tutupnya, kipas puli, rumah roller, tutup rumah roller, bos rumah roller, plastik slider, roller, mur starter kaki, ring dan mur pengunci 22mm.
gb.4 bagian secondary sheave/puli belakang
bagiannya adalah, kampas kopling beserta rumah dan per kopling sentrifugal didalamnya, per cvt, bell/house kopling, sliding sheave dan pasangannya, corong dudukan per cvt, pin guide, ring dan mur pengunci.
ada yang unik dari puli vario ini, ternyata dimensinya gede (mungkin termasuk big pulley kali ya) dan bell nya berat banget, juga alur pin guide itu lobangnya gede. Dan pin guidenya itu sudah pakai roller macam yang resing resing, itu bagus karena efeknya alur pin guide tidak gampang terluka kena gesek pin guide.
gb.5 pin guide berroller
gb.6 roller weight yang peang dan tak bulat lagi
gb.7 plastik slider yang harus ganti
gb.8 belt juga udah retak retak (pemakaian 3 tahun, odo 17.400an)
nah itulah sedikit hasil keisengan yang bermanfaat di hari libur penulis. Jangan lupa dikasi gemuk cvt ya bagian yang seharusnya dilumasi setelah dibersihkan, pakai merek sebelah juga ga papa atau kalau punya yang penting tahan suhu tinggi hi-temp bahasa kerennya.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMas kalau biasanya vario tarikan awal getar apanya ya mas? Vario lama bngt 2007
BalasHapusROLLER BOS GANTI
HapusKANG SAYA MINTA NO WA DONK.... KE SINI . 085222965092 hendi
BalasHapusMas klo vario karbu bunyi kretek kretek pas lg gas pelan itu apanya ya? ?
BalasHapusItu bagian tutup cvt nya ada kolaher nya harus diganti
HapusMas mau tanya kalo.vario karburator klo lewat jalan rusak langsung ngempos kenapa ya..busy dah kenceng saya cek.kabel.sensor stabdart miring juga gk masalah ..?
BalasHapusVario 125 fi bisa gak pake pully vario 110 mas ???
BalasHapusMohon info nya
Sangat dtail saya suka mantap abi singkat padat top markotop.
BalasHapus